Paling banyak di lihat
-
Penerbit di blog ini BAB I PENDAHULUAN 1.Latar Belakang Berkembangnya ilmu dan teknologi saat ini tu...
-
iqbal gusrianto.upb: SEJARAH CLUB MANCHESTER UNITED : Tahun awal (1878–1902) Tim pertama kali dibentuk dengan nama Newton Heath Lancashir...
-
W indows 8 Adalah Nama kode untuk versi mendatang dari Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microso...
Senin, 21 Oktober 2013
iqbal gusrianto.upb: iqbal gusrianto.upb
iqbal gusrianto.upb: iqbal gusrianto.upb: INI ADALAH BEBERAPA PERALATAN INPUT (input device) P eralatan input atau peralatan masukan berfungsi sebagai alat untuk memasukan ...
iqbal gusrianto.upb
INI ADALAH BEBERAPA PERALATAN INPUT (input device)
Peralatan input atau peralatan masukan berfungsi sebagai
alat untuk memasukan (input) data dan program ke dalam komputer untuk di proses
menjadi informasi.
Jenis-jenis peralatan input diantaranya:
1.KEYBOARD
Keyboard atau papan ketik, merupakan perangkat yang sering
dipergunakan di dalam kegiatan sehari-hari. Karakteristik dan susunan papan
ketik hampir sama dengan mesin ketik manual seperti susunan huruf QWERTY.
Ada 4 bagian pada keyboard yaitu:
a.Tyfing
kay
Berfungsi untuk mengetik teks
atau huruf
b.Function key
merupakan tombol fungsi yang
memiliki fungsi tertentu sesuai dengan
perintah yang di jalan kan ex: seperti F1,F2, sampai dengan F12.
c.Cursor kay
digunakan untuk menggerakan
cursor
d. Numerical kay
merupakan tombol-tombol angka
yang susunan dan fungsinya seperti pada kalkulator.dll
2.MOUSE
Mouse dalah alat yang di gunakan untuk menggerakan penunjuk (poiter
atau kusor) dengan cepat. Pemakain mouse merupaka bagian terpeting dari sitem
operasi yang menggunakan tampilan grafik. Penggunaan mouse sering dipergunakan
dengan istila pointer (petujuk) berfungsi untuk memindah kan dan mengarah kan
petunjuk mouse pada desktop.
3.SCANNER
Scanner merupakan peripheral komputer yang berguna untuk
memindai (men-scan) gambar atau documen dalam bentuk teks di atas kertas
kedalam dokumen komputer atau file komputer.
4.JOYSTICK
Joystick merupakan peralatan input tambahan yang di gunakan
sebagai alat bantu di dalam menjalankan progaram game.
5.TOUCH SCREEN
Touch screen atau layar sentuh yaitu teknologi baru di mana
perinta- perintah di dalam menjalan kan aplikasi komputer dengan menekan atau
menyentuh tombol perintah yang ada di monitor.
6.MICROPHONE
Microphone di gunakan untuk memasukan input berupa suara. Pengguanaan
mic memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara,yaitu soundcard.
Peralatan ini biasannya suadah ada menyatu dengan mainboardnya, dan speker yang
di gunakan untuk mendengarkan rekaman suara.
7.CAMERA DIGITAL
Merupakan peralatan input tambahan yang sedang marak
belakangan ini. Kamera ini digunakan untuk menangkap gambar, video bahkan audio
kemudian dolah di dalam komputer.
8.LIGHT PEN
Light pen adalah pointer elektronik yang di gunakan untuk
modifikasi dan men-disign gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki
sensor yang dapat mengirimkan sinyal
cahaya ke komputer yang kemudian di rekam, dimana layar monitor bekeja dengan
merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
9.BARCODE
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat
ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis garis
tebal vertical yang kemudian di terjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode
ini menempel biasanya pada produk2 makanan, minuman alat elektronik dan buku. Sekarang
ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di indonesia untuk
mengidentifikasi produk yang di jual dengan barcode.
DLL.
Di ambil dari buku: Nur Elfi, S,Kom., M.SI
pengantar
teknologi informasi
Langganan:
Postingan (Atom)